• home
Home » , » Spesifikasi Harga Nokia X Berbasis Android Dual SIM Card

Spesifikasi Harga Nokia X Berbasis Android Dual SIM Card

Saat semakin banyaknya pengguna gadget yang menggunakan smartphone berbasis Android, kini Nokia pun mulai meluncurkan smartphone varian terbarunya untuk para pengguna dan penggemar gadget Nokia di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Ya, perusahaan gadget raksasa ini meluncurkan ponsel Nokia X sebagai model smartphone varian terbaru berbasis Android yang dikombinasikan dengan tampilan Windows Phone.

Nokia X ini berplatform AOSP (Android Operating System Project) yang merupakan modifikasi dari Android 4.2 Jelly Bean. Pada ponsel ini juga menyediakan aplikasi Blackberry Messenger untuk para penggunanya yang ingin mengeksiskan dirinya di sosial media.

Meskipun berbasis Android, Nokia X tidak didukung dan diintegrasikan dengan Google Play Store, Play Store, Google Maps, Gmail, dll. Semua produk yang berbau Google masih belum tersedia pada ponsel. Inilah salah satu kekurangan/kelemahan yang dimiliki Nokia X ini. Selain itu, banyak juga kok kelebihan yang dimilikinya, nanti akan saya ulas di bagian bawah tulisan ini, hehehe ...

Sebelum membahas soal harga, ada baiknya kita bahas dulu apa aja sih spesifikasi yang tertanam di Nokia X versi Android feat Windows view ini? Nah, ini dimaksudkan agar para pembaca bisa mengkomparasikan seberapa canggih mesin yang diusung pada Nokia X ini dengan kewajaran harga yang dibanderol untuk smartphone ini.

Berikut kami sampaikan Spesifikasi & Harga Nokia X Berbasis Android ini:

Tampilan desain terkesan seperti Asha Android

http://teknolutu.blogspot.com/2015/03/spesifikasi-harga-nokia-x-android.html
Nokia X memang didesain dan ditampilkan dalam bentuk varian khas ponsel generasi sebelumnya yaitu Asha series. Jika dilihat sekilas sih memang terlihat seperti ponsel Asha, padahal prediksi itu kurang tepat. Nokia X memang berpenampilan seperti Asha series, namun sistem operasi yang disediakan menggunakan OS Android. Jadi, bisa dikatakan bahwa Nokia X merupakan smartphone Asha series berbasis Android.

Di sisi lain, Nokia X tersedia dalam 4 varian warna yang elegan dan fresh, yaitu Merah, Kuning, Hijau, dan Hitam. Waduh kayak pelangi muncul pada tengah malam dong ya, hehehe ...

Nokia X berlayarkan 4 inci dengan resolusi 800×480 piksel atau setara WVGA dengan kerapatan layar mencapai 233 ppi, serta mengusung jenis layar LCD IPS (In Plane Switch) dengan lima titik sentuh.


Sistem operasi masih berplatform AOSP

Di atas sudah saya jelaskan mengenai AOSP tersebut, yang mana sistem operasi hasil modifikasian ini bisa dikatakan masih kurang mumpuni karena tidak terintegrasi dengan layanan Google. Hanya saja, Nokia X ini lebih memilih mengintegrasikan dirinya bersama layanan produk Microsoft yang tak kalah apik dengan layanan Google. Integrasi layanan Microsoft ini menyediakan beberapa aplikasi terbaiknya, yakni Nokia Maps Here, Nokia Store, Ovi Mail, Cloud, dll.

Nokia X menyediakan fitur baru yang dikenal dengan fitur Fastlane, yang merupakan proses perpindahan aplikasi pada penggunaannya dan menampilkan berbagai informasi yang telah terintegrasi dengan berbagai layanan sosial media.

http://teknolutu.blogspot.com/2015/03/spesifikasi-harga-nokia-x-android.html


Peforma mesin yang kurang mumpuni

Nokia X hadir dengan prosesor mesin Dual Core Qualcomm Snapdragon S4 berkecepatan 1 GHz, dan kapasitas RAM sebesar 512 MB. Mesin pacu yang diusung memang terkesan ngambang alias nanggung, karena sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean sebelum dimodif memang dikenal sebagai salah satu versi sistem yang lumayan rakus dalam mengambil alih kapasitas memori yang berakibat kurangnya responsivitas ponsel ini.

Dibalik kelemahannya itu, Nokia pun menutupinya dengan menggunakan framework khusus agar lebih ringan saat menjalankan beberapa aplikasi di ponsel.


Fitur kamera yang apik namun kurang maksimal

Untuk kameranya dibekali resolusi sebesar 3 MP pada bagian kamera utama (di belakang ponsel). Namun sayangnya, Nokia X tidak menyediakan kamera depan pada ponsel sehingga kabar ini menjadi kabar kurang baik bagi pecinta selfie. Untuk pencahayaan kamera, ponsel ini tidak didukung fitur Autofocus dan LED flash untuk membantu pencahayaan.

Ya, sekiranya ini menjadi kelemahan terbesar dari smartphone varian terbaru dari Nokia ini.

Kami juga memberikan ringkasan informasi mengenai spesifikasi lengkap Nokia X yang diklasifikasikan berdasarkan beberapa kategori pada umumnya. Berikut ulasannya:


NetworkTechnologyGSM / HSPA
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bandsHSDPA 900 / 2100
SpeedHSPA 7.2/5.76 Mbps
GPRSUp to 85.6 kbps
EDGEUp to 236.8 kbps
LaunchAnnounced2014, February
StatusAvailable. Released 2014, March
BodyDimensions115.5 x 63 x 10.4 mm, 73.2 cc (4.55 x 2.48 x 0.41 in)
Weight128.7 g (4.52 oz)
SIMOptional Dual SIM (Micro-SIM)
DisplayTypeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size4.0 inches (~62.6% screen-to-body ratio)
Resolution480 x 800 pixels (~233 ppi pixel density)
MultitouchYes, up to 2 fingers
- Nokia X platform 1.0 UI, upgradable to 1.1.2.2
PlatformOSAndroid OS, v4.1.2 (Jelly Bean)
ChipsetQualcomm MSM8225 Snapdragon S4 Play
CPUDual-core 1 GHz Cortex-A5
GPUAdreno 203
MemoryCard slotmicroSD, up to 32 GB
Internal4 GB, 512 MB RAM
CameraPrimary3.15 MP, 2048 x 1536 pixels
Features1/5'' sensor size, panorama, face detection
Video480p@30fps
SecondaryNo
SoundAlert typesVibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
CommsWLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetoothv3.0, A2DP
GPSYes, with A-GPS
RadioStereo FM radio
USBmicroUSB v2.0
FeaturesSensorsAccelerometer, proximity
MessagingSMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
BrowserHTML
JavaYes, via Java MIDP emulator
- MP3/WAV/eAAC+/Flac player
- MP4/H.264 player
- Photo editor
- Voice memo/dial
BatteryLi-Ion 1500 mAh battery (BN-01)
Stand-byUp to 408 h
Talk timeUp to 13 h 20 min (2G) / Up to 10 h 30 min (3G)
Music playUp to 26 h


Selain ulasan di atas, langsung aja deh kita bahas soal harga. Di tahun 2015 ini, Nokia X diperkirakan turun harga dari angka 1,6 juta menjadi 1,3 juta - 1,4 juta. Harga tersebut memang disesuaikan dengan sumber informasi terpercaya dan perkembangan pasar gadget di Indonesia.

Jadi, kesimpulan yang dapat kami sampaikan adalah:

Kelebihan Nokia X
  • Harga relatif murah
  • Tampilan user interface serasa Windows Phone menjadi cita rasa baru untuk sebuah Android
  • Tersedia Fitur Fastlane
  • Dual SIM
  • Perpaduan aplikasi Windows Phone dan Android
Kekurangan Nokia X
  • Tanpa kamera depan
  • RAM 512 MB
  • prosesor usang
  • tak dapat menginstall aplikasi dari Play Store

Well, sudah taukan seluk beluk mengenai Spesifikasi dan Harga Nokia X? Diprediksikan di masa mendatang Nokia akan memperbarui semua hal terkait kecanggihan dan desain ponsel yang ada menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sekiranya bisa ditunggu 2-3 tahun lagi lah, pasti akan ada varian smartphone Windows Android terbaru yang semakin canggih.

Sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.