• home
Home » , , » Keunggulan iOS 8: 20 Tips & Fitur Terbaru

Keunggulan iOS 8: 20 Tips & Fitur Terbaru

Jika Anda pengguna iOS dan baru saja mengupgrade ponsel Anda ke iOS 8 terbaru, Anda mungkin bingung untuk memastikan bahwa apakah sistem operasi yang telah Anda upgrade itu benar-benar sudah dalam kondisi sistem iOS 8 terbaru. Tenang, Anda tidak perlu membingungkan hal itu. Seperti kebanyakan dari pembaruan sistem operasi perangkat Apple sebelumnya, baik itu untuk desktop atau pun ponsel, iOS 8 terbaru ini hanya melakukan pembaruan kecil terkait antarmuka pengguna.

Namun, ada banyak sekali kehadiran fitur dan fungsi baru yang sangat berguna bagi pengguna iOS. Kami telah mencoba melakukan upgrade iOS 8 pada ponsel kami. Dan hasilnya, kami memutuskan untuk memaparkannya di sini terkait 20 fitur baru dan tips yang kami pikir Anda harus tahu tentang iOS 8 terbaru ini. Berikut ulasan selengkapnya.


Keunggulan iOS 8: 20 Tips & Fitur Terbaru



1) Berbagi foto dan video kini lebih mudah

Sistem operasi iOS 8 membuat mengirim maupun berbagi foto dan video melalui aplikasi pesan jauh lebih nyaman. Hanya klik sekali pada ikon kamera (terletak di bagian kiri bawah) dan memungkinkan untuk dapat berbagi foto terbaru Anda secara multiple. Dan juga Anda dapat menambahkan komentar untuk foto-foto yang Anda bagikan tersebut.

Selain itu, jika Anda klik dan tahan pada ikon kamera yang sama, maka Anda dapat segera mengambil foto atau video, lalu membagikannya kepada teman Anda.






2) Berbagi audio via pesan

Jika Anda pengguna WhatsApp, LINE, WeChat atau messaging services lainnya, mengirim pesan audio bukanlah menjadi hal baru. Namun, ada baiknya untuk mengetahui bahwa fitur Pesan sekarang memiliki fungsi yang sama pada messaging services tersebut. Anda hanya menekan dan tahan untuk merekam pesan audio Anda. Tap lagi untuk memutar ulang pesan audio, atau klik ikon silang untuk membatalkan, atau ikon panah atas (arrow up) untuk mengirimnya.



3) Mendengarkan pesan audio Anda secara diam-diam
Mendengarkan pesan audio masuk dan membalasnya dapat dilakukan secara pribadi dan bijaksana juga. Yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan ponsel Anda seolah-olah Anda sedang menjawab panggilan telepon biasa.

Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini, silakan pergi ke menu Pengaturan/Settings > Messages > Raise to Listen.



4) Perubahan dan pembaruan pada fitur My Photo Stream

Pada iOS 8 ini, Apple telah melakukan perubahan dan pembaruan pada fitur My Photo Stream. Folder My Photo Stream di ponsel iOS Anda telah dihapus atau dihilangkan dari aplikasi foto. Mulai sekarang, semua foto terbaru Anda akan disinkronisasikan secara otomatis ke semua perangkat iCloud ketika terhubung ke Wi-Fi.

Artinya, foto Anda yang tersimpan pada ponsel iPhone akan langsung tersedia di iPad serta perangkat lain yang terhubung. Bagian yang terbaik adalah tidak ada lagi batas 1000 foto yang berlaku alias Anda bebas menyimpan seberapa banyak foto yang Anda mau.



5) Tandai email Anda hanya dengan Swiping (menggesekkannya)

Ketika Anda sedang mengecek pesan masuk (inbox) di email, Anda dapat dengan cepat menandai email sebagai 'belum dibaca' dengan menggesekkan ke kiri. Anda juga dapat memberi bendera pada email tersebut atau mengakses lebih banyak pilihan dengan menggesekkan ke kanan.

Jika Anda ingin menyesuaikan pilihan swiping lanjutan, silakan masuk ke Pengaturan/Settings > Mail, Contacts, Calendars > Swipe Options.



6) Balasan instan via iMessage

Anda tidak lagi harus meninggalkan layar awal ponsel (home screen) atau aplikasi yang sedang berjalan saat ini. Anda dapat membalas langsung ke pesan masuk dengan menarik ke bawah pada pemberitahuan iMessage dan membalas seperti biasa.



7) Mengakses kontak terbaru hanya dengan tombol Home

Sekarang, ketika Anda mengklik dua kali tombol home pada iPhone Anda, maka Anda tidak hanya dapat mengakses aplikasi dibuka baru-baru ini, tetapi juga Anda dapat melihat daftar semua kontak yang baru saja Anda dihubungi. Klik pada gambar profil mereka untuk menelepon, pesan atau Facetime mereka.


8) Dapat mengcapture Video Time-Lapse

Selain dapat mengcapture square, slow motions, foto dan video panorama, iOS 8 memungkinkan Anda untuk mengambil video time-lapse, fitur yang sangat mirip dengan aplikasi terbaru di Instagram, yakni Hyperlapse. Namun, fitur ini merupakan fitur dasar, karena tidak ada kontrol terhadap frame rate.



9) Mengatur waktu lebih singkat pada saat pengambilan foto

Fitur kecil lainnya yang telah ditambahkan adalah waktu yang singkat untuk mengambil foto. Sekarang Anda dapat mengatur waktu dari 3 atau 10 detik untuk snapshot foto pada ponsel Anda. Ini mungkin akan menjadi sesuatu yang ideal bagi mereka yang suka selfies dan foto grup.



10) Tersedia banyak pilihan aplikasi untuk pengeditan foto

Tersedia juga lebih banyak pilihan ketika untuk foto editing pada iPhone atau iPad. Pada setiap foto yang ingin Anda edit, klik Edit untuk mengcrop, menambahkan filter atau mengedit warna.



11) Lebih mudah menemukan judul sebuah lagu

Ketika Anda ingin mendengarkan lagu yang Anda sukai, namun lupa akan judul lagunya. Rasanya memang 'ngeselin' bukan? Nah, yang harus Anda lakukan adalah klik dan tahan tombol home. Kemudian tanyakan Siri, "What song is this?", Dia akan menampilkan jawabannya segera.


12) Tampilan data penggunaan baterai

Untuk pengguna Android, hal ini mungkin tidak ada yang mengesankan. Untuk pengguna iOS, Apple telah menambahkan fitur data penggunaan baterai. Ini dapat memberikan gambaran tentang daftar aplikasi yang sedang memanfaatkan daya baterai, apakah aplikasi tersebut memakan daya baterai yang besar ataukah sebaliknya. Informasi ini sangat berguna untuk optimasi daya tahan baterai ponsel Anda.

Untuk mengetahuinya, silakan masuk ke menu Settings (Pengaturan) > General > Usage (Penggunaan) > (Battery Usage) Penggunaan baterai.



13) 3 Aplikasi original dengan tampilan baru

Pada iOS 8 terdapat 3 aplikasi original (asli) terbaru yang telah diinstal, yaitu Health app, iBooks dan Tips.



14) Mengatur pesan Anda

Jika Anda seseorang lebih menyukai inbox pesan mereka lebih bersih dan terorganisir, fitur ini mungkin menarik bagi Anda. Ya, di iOS 8 terbaru ini memungkinkan Anda untuk membersihkan pesan teks Anda. Anda dapat memilih untuk menyimpan pesan-pesan tersebut selamanya, atau menghapusnya setelah 30 hari atau setelah satu tahun.

Anda dapat mengakses fitur ini melalui menu Settings (Pengaturan) > Messages > Keep Messages.



15) Pemberitahuan/Notifikasi instan untuk email

Apakah Anda punya urutan email penting dan harus terus-menerus mendapatkan update? Sekarang Anda bisa mendapatkan pemberitahuan instan yang lebih mudah daripada harus menunggu atau mengecek email setiap saat hanya untuk mendapatkan update email penting tersebut.

Untuk mengakses fitur ini, Anda hanya pergi ke email tertentu yang Anda ingin menjadi update, lalu klik pada ikon bendera (di sebelah kiri), lalu pilih "Notify Me".



16) Menemukan lokasi ponsel Anda ketika hilang atau dicuri
Baterai sekarat bukanlah sesuatu yang diinginkan ketika iPhone Anda hilang, atau paling buruk ponsel Anda telah dicuri. Dengan menyalakan fitur 'Find My iPhone' dan 'Send Last Location', lokasi terakhir yang diketahui akan dikirim melalui icloud.com.

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini, silakan masuk ke menu Settings (Pengaturan) > iCloud > Find My iPhone > (Send last Location) Kirim Lokasi terakhir.



17) Berbagi hal-hal lain yang menarik ke keluarga Anda dengan fitur Family Sharing

Dengan update iOS terbaru, Anda dapat mengundang hingga 6 anggota keluarga untuk berbagi semua lagu, film, buku dan aplikasi yang dibeli di iTunes store. Setelah item dibeli, lalu download dan dibagikan, maka semua anggota keluarga tersebut akan dapat mengaksesnya secara gratis. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur Family Sharing.



18) Fungsi lainnya dengan Notes (Catatan)

Menulis sebuah catatan di iOS akan terasa lebih baik. Anda sekarang dapat menambahkan gambar ke catatan Anda. Hebatnya lagi bahwa Anda dapat melanjutkan mengedit catatan pada Macbook Anda dan perubahan tersebut secara otomatis berubah pula pada catatan di iOS Anda.



19) Beralih antara Email satu ke email lainnya dengan mudah

Bukankah menjengkelkan ketika Anda mencoba untuk menulis email di aplikasi Mail dan tidak dapat merujuk kembali ke email sebelumnya?


Nah, Apple telah menyelesaikan masalah itu. Dalam aplikasi Mail baru di iOS 8, pada saat Anda menulis email baru, maka Anda dapat dengan mudah beralih di antara draft (konsep) dan inbox di email Anda. Jika Anda membalas email, Anda dapat beralih di antara balasan Anda dan email sebelumnya.


20) Pengecekan kompatibilitas

Ketika Anda ingin memastikan bahwa perangkat Anda kompatibel dengan pembaruan perangkat lunak baru, maka berikut ini merupaka daftar semua perangkat yang iOS 8 kompatibel dengan perangkat Apple:

Iphone

  1. iPhone 4S
  2. iPhone 5
  3. iPhone 5C
  4. iPhone 5S
  5. iPhone 6
  6. iPhone 6 Plus

iPad

  1. iPad 2
  2. iPad 3rd Gen
  3. iPad 4th Gen
  4. iPad Air
  5. iPad Mini
  6. iPad Mini with Retina Display

iPod

  • iPod Touch 5th Gen

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.